Rabu, 24 Desember 2008

TIPS MUDAH UNTUK MENGENALI VIRUS LOKAL

"Mas, Komputerku kena virus !!". Itulah perkataan adikku pada saat mengetahui data yang ada dikomputernya tiba-tiba hilang. Setelah saya cek, maka bisa dipastikan bahwa komputer adikku memang terkena virus komputer lokal. Terus, kok bisa tahu kalau komputer adikku terkena virus lokal ? Bagaimana caranya ?
Cara yang aku pakai adalah sebagai berikut.
Biasanya kalau virus lokal, nama file dokumen (*.doc) atau file excel (*.xls) berubah menjadi gambar folder yang nama folder tersebut sama seperti nama file dokumen atau file excel yang di infeksi, tapi ekstensinya berubah menjadi file exe. Contoh (abc.doc menjadi folder abc.exe).
Biasanya folder virus tersebut apabila di delete / dihapus, akan muncul lagi
Buka Start - Run. Coba ketik regedit kemudian tekan enter. Apabila muncul pesan error maka bisa dipastikan registry editornya di blok oleh virus. Kemudian coba lagi cmd, gpedit.msc, dan taskmgr soalnya biasanya aplikasi-aplikasi itu yang diblok oleh virus lokal.
Antivirus biasanya juga diblok oleh virus lokal. Untuk pencegahannya, downloadlah antivirus yang portable (PC MAV, Gucup Antivirus, dll). Kemudian coba rename nama antivirus tersebut (contoh PC MAV menjadi 123456), kemudian scan komputer anda.

Itulah yang saya ketahui dari ciri-ciri virus, maklumlah saya juga pemula dalam ilmu pervirusan ini. Kalau ada tambahan mohon beritahukan kepada saya yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar