Rabu, 24 Desember 2008

ETIKA BERKOMPUTER

Dalam berkomputer, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi keamanan komputer kita sendiri. Secanggih apapun pengamanan yang kita lakukan untuk memproteksi komputer anda, akhirnya lambat laun keputusan akan kembali kepada kita ketika muncul pesan konfirmasi dari file atau program apakah akan dijalankan (YES) atau tidak (NO)

Pada saat kita berselancar ke situs-situs yang ada di internet, kita tidak akan pernah tahu apakah situs-situs tersebut telah disusupi oleh mal-code ataupun script malware yang akan berdampak pada komputer kita. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Google terhadap situs-situs yang ada di internet menunjukkan bahwa 80% situs di internet telah terjangkiti oleh mal-code ataupun script malware. Suatu hal yang mengejutkan bukan ??

Belum lagi, apabila anda sering pergi ke rental komputer ataupun ke warnet. Pada tempat-tempat tersebut seringkali terjadi penyebaran virus secara cepat, karena mungkin komputer yang ada pada tempat tersebut banyak yang dijangkiti virus. Dan anda mengcopy file anda atau hasil download anda pada komputer yang "mungkin" telah terinfeksi virus. Bukan hal yang tidak mungkin bukan ??

Oleh karena itu, ada tips dan trik yang insya allah jitu untuk mencegah penularan malware-code (virus komputer) :
Jangan membaca e-mail dengan subject yang aneh-aneh ataupun membuka file attachment yang mencurigakan terlebih apabila file tersebut dikirim oleh orang yang tidak anda kenal sebelumnya.
Biasakan kalau membuka file, bukalah melalui program atau aplikasinya dulu. Seperti contoh misalnya file .doc. Untuk membuka file .doc tersebut, buka dulu microsoft word kemudian open file dsb, jangan langsung di double click filenya langsung.
Matikan fasilitas Autorun apabila memasang flash disk ataupun harddisk eksternal untuk mencegah penyebaran virus komputer ke komputer anda melalui fasilitas autorun. Cara paling mudah untuk mematikan fasilitas autorun adalah dengan menekan tombol shift apabila komputer mulai mendeteksi flash disk anda. Dan tekan terus tombol shift sampai proses pengenalan flash disk oleh komputer selesai. Sebelum flash disk dibuka, terlebih dahulu scan flash disk anda dengan antivirus yang telah anda update dengan update terbaru.

Selamat berkarya dengan menggunakan komputer anda, dan pesan saya cegahlah virus sebelum virus menguasaimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar